Apa Sih Bisnis Online Itu Sebenarnya..?? – Anekabisnet

 

Sering denger istilah bisnis online dan rasanya kok enak banget y bisnis online itu.. Nah tulisan kali ini saya akan jelaskan apa itu bisnis online secara singkat saja.

Bisnis online merupakan sebuah bisnis yang melibatkan internet atau jaringan internet sebagai medianya. Jadi jika bisnis kita tergantung dengan adanya jaringana internet maka bisa dibilang kita sudah berbisnis online. Itu sederhananya.

Saat ini banyak bisnis offline yang beralih ke bisnis online atau menambah metodenya menjadi online. Lalu, kenapa bisnis online menjadi pilihan saat ini? Yuk kita bandingkan anatar bisnis konvensional (offline) dengan bisnis online.

Bisnis Offline

  • Modal yang diperlukan untuk terjun di bisnis offline relati besar dan membutuhkan resourse yang besar juga, seperti tempat, barang dan etalase, dll.
  • Harus di jagain, atau paling tidak mencari pegawai
  • Karena offline maka pengunjungnya juga harus hadir atau datang ke tempat kita, jadi terbatas.
  • Jam bukanya terbatas karena tidak selamanya akan ramai
  • Jika cuaca sedang hujan maka pengunjung akan sepi
  • Sebagai pemilik bisnis kita harus terlibat langsung melayani konsumen

Bisnis Online :

  • Dalam bisnis online tidak memerlukan toko fisik
  • Bisa dilakukan secara otomatis, tidak memerlukan pegawai
  • Jika memerlukan pegawai maka akan bisa mengerjakan banyak hal
  • Jangkauan yang lebih luas dan lebih banyak konsumen
  • Full time 24 jam sehari, 7 hari seminggu
  • Tidak terhalang oleh kondisi cuaca
  • Kita tidak harus nongkrongi bisnis kita terus, semua bisa dibuat otomatis dengan sedikit pengaturan secara online.

Nah, setelah tahu beda antara bisnis offline dan bisnis online. Kini kita akan bahas beberapa jenis bisnis online, diantaranya:

  1. Online to online: bisnis yang dijalankan full online, baik untuk promosi, pembelian, pelayanan dan delivery produknya. contohnya adalah jualan domain dan hosting, ebook, layanan jasa design web, SEO, FB Ads, E-course, dll.
  2. Online to Offline: bisnis ini dijalankan secara online, di atwarkan secara online mulai dari promosi, pendaftaran dll. Kemudian dalam pelaksanaan atau delivery produknya dilakukan secara offline. Contohnya: seminar-seminar offline, kursus tatap muka, konsultan dan layanan offline lainnya.
  3. Offline to Online: Bisnis ini banyak contohnya karena ini adalah bisnis offline pada umumnya yang kemudian dijalankan secara online. Contohnya adalah: toko-toko offline yang kemudian dipromosikan secara online.

Dalam bisnis online ada 3 pelaku bisnis yang terlibat. Mereka itu adalah:

  1. Owner: orang yang memiliki produk atau jasa
  2. Marketer: orang yang memasarkan produk atau jasa, namun tidak memiliki produk sendiri
  3. Publisher: mereka ini adalah orang yang menyediakan media untuk promosi produk

Syarat Terjun di Bisnis Online:

  1. Paling tidak bisa menjalankan gadget, PC atau Laptop dengan baik. karena aktivitas bisnis online ini dilakukan melalui media yang tersambung dengan internet.
  2. Punya koneksi internet. Saat ini koneksi semakin murah dan tersedia berbagai paket data internet. Usahakan koneksi internet stabil sehingga bisa mendukung kegiatan bisnis online kita.
  3. Usahakan memiliki email untuk saluran komunikasi atau sebagai akun untuk mendaftar di berbagai platform digital yang akan mendukung bisnis online kita
  4. Punya rekening Bank. Gunakanya untuk menampung pembayaran dari konsumen. Usahakan akun bank kita cukup familier di Indonesia.

 

By muhammad furqon

Pecinta keluarga yang ingin membahagiakan orang-orang disekitarnya. Web designer, advertiser, mentor kursus web designer and digital marketer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *